ads

DPRD Usulkan Tiga Nama Calon Pj Bupati Bojonegoro

Selasa, 8 Agustus 2023 09:39 WIB - Dilihat: 9

Screenshot_2023-08-08-09-43-19-76_6012fa4d4ddec268fc5c7112cbb265e7

Jatimbebasbicara.id | Bojonegoro – DPRD Bojonegoro mengusulkan tiga nama untuk pencalonan sebagai Pj Bupati Bojonegoro. Ketiga nama tersebut adalah Letkol Arm Arif Yudho Purwanto, Nurul Azizah dan Edy Susanto.

Letkol Arm Arif Yudho Purwanto saat ini mengajukan diri sebagai Dandim 0813 Bojonegoro. Nurul Azizah kini menduduki jabatan sebagai Sekretaris Daerah (Sekda). Edy Susanto kini sebagai Sekretaris Dewan (Sekwan).

Ketua DPRD Bojonegoro, Abdullah Umar menyampaikan bahwa permohonan hanya sebatas usulan. “Bukan menunjuk ataupun mengangkat Pj Bupati. Pengusulan tiga nama itu tetap mengacu Permendagri Nomor 4 Tahun 2023. Tentang Pj Gubernur, Pj Bupati dan Pj Walikota. 

“Ketiga nama itu merupakan mayoritas dari masing-masing fraksi DPRD”,ucapnya. Senin (7/8/2023).

Disinggung perihal adanya perwira TNI aktif sebagai salah satu calon calon Pj Bupati yang diusulkan. Politisi Partai PKB itu menjelaskan, pada dasarnya hanya menampung aspirasi masing-masing fraksi. Juga tetap mengacu pada Permendagri Nomor 4 Tahun 2023.

Selain itu, ketiga nama itu pun menurutnya, telah dikonfirmasi perihal kesiapannya diusulkan sebagai Pj Bupati. “Pasti sudah kami konfirmasi semuanya dan bersedia mengusulkan sebagai Pj Bupati”,imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Bojonegoro, Sukur Priyanto menjelaskan, masing-masing fraksi punya hak mengusulkan tiga nama calon calon Pj Bupati. Soal usul Dandim, Sukur bilang memang diperdebatkan.

” Karena regulasinya kan TNI-Polri aktif tidak bisa diusulkan menjadi calon calon Pj Bupati. Kecuali yang pensiun dini atau cedera diri. Jadi menurut saya usulkan Dandim tidak memenuhi syarat”,ucap Politisi Partai Demokrat itu 

Masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah dan Budi Irawanto akan habis pada akhir bulan September mendatang. Untuk mengisi kekuatan Kemendagri akan menentukan Pj Bupati yang calon hingga Bupati terpilih hasil Pilkada 2024 dilantik. (Eko Prayitno/merah)

Artikel Terkait

Rekomendasi

Berita Terkini